Cara Update Versi Sinkronisasi Dapodik Terbaru

Diposting pada

Cara Update Versi Sinkronisasi Dapodik – Sebagaimana yang sudah diketahui bersama, Dapodik adalah Data Pokok Pendidikan, sistem pendataan skala nasional yang terpadu dan sistematis. Dapodik juga merupakan sumber data utama pendidikan nasional yang merupakan bagian terpenting dari program perencanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

Dapodik baru saja dirilis pada pertengahan tahun 208, setelah aplikasi ini dirilis, banyak terdapat penambahan fitur di dalamnya. Oleh sebab itu operator sekolah atau guru yang diberi wewenang untuk mengakses aplikasi ini harus paham dan mengetahui semua pembaruan tersebut. Dengan begitu segala urusan yang melibatkan aplikasi Dapodik bisa cepat diselesaikan dengan baik.

Hadirnya beberapa fitur baru pada Dapodik sudah barang tentu menambah beban berat bagi para operator sekolah yang diberi yang diberi tanggung jawab untuk menggarap tugas ini. Sebab nantinya akan banyak hal yang harus diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat. Hal yang paling harus dipahami adalah mengenai pengisian menu jadwal pelajaran di aplikasi ini.

Akan tetapi menu lain juga penting untuk dipahami dan dipelajari. Apabila kita tidak mengisi data secara benar maka akan berakibat fatal. Tentunya akan mengakibatkan data tidak valid atau sistem menolaknya. Dengan begitu aplikasi ini tidak bisa melakukan sinkronisasi Dapodik. Oleh sebab itu anda harus tahu bagaimana Cara Update Versi Sinkronisasi Dapodik, dengan begitu anda tidak akan salah langkah

Inilah Cara Update Versi Sinkronisasi Dapodik

Cara Update Versi Sinkronisasi Dapodik Terbaru

Untuk melakukan sinkronisasi Dapodik, maka kita harus memahami update fitur baru beserta cara penggunaannya. Langkah ini menjadi gerbang utama untuk dapat mengelola aplikasi Dapodik. Dengan begitu data sekolah akan dapa diperbaharui. Sehingga hasil dari pada ini semua pemerintah akan dengan mudah memberikan bantuan dana BOS serta sertifikasi guru yang berada pada sekolah yang kita kelola.

Kita juga harus update melakukan sinkronisasi sebagaimana jadwal atau batas waktu yang telah ditetapkan pemerintah. Apabila kita tidak melakukan sinkronisasi Dapodik atau telat melakukannya, maka akan berakibat fatal mulai dari tidak diberikan dana BOS hingga guru tidak bisa mengikuti sertifikasi.

Oleh sebab itu pihak atau operator yang diberikan amanah untuk mengelola aplikasi Dapodik harus benar-benar update terkait perkembangan aplikasi ini. Selain bekerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas juga harus dijadikan pegangan dasar untuk mengelola aplikasi ini. Semoga lelah yang kita rasakan menjadi amalan soleh.

Cara Mengatasi Sinkronisasi Dapodik Yang Gagal

Apabila merasa bingung dan tidak tahu bagaimana melakukan sinkronisasi atau juga sering melakukan tapi sering gagal, pada kesempatan yang baik ini, kami akan berbagi tips mengenai cara mengatasi sinkronisasi dapodik yang gagal. Silakan ikuti tips dasar yang memiliki manfaat besar agar sinkronisasi berjalan degan cepat dan lancar. Berikut ini tipsnya:

  • Pertama pastikan semua peserta didik kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA lulus dan tidak ada satupun yang diberi tanda tidak lulus
  • Pastikan juga semua peserta didik naik kelas dan tidak ada yang bertelur di kelas alias tidak naik kelas
  • Jangan lupa isi data kepala sekolah pada menu GTK, silakan klik menu Ubah dan pilih kepsek
  • Silakan salin seluruh data periodik
  • Salin juga data penugasan GTK dan ceklis pada bulan keaktifan mengajar mereka
  • Berikutnya entry data peserta didik
  • Entry juga dara pembelajaran dan jadwal pelajaran
  • Terakhir silakan lakukan sinkronisasi

Baca Juga: 

Demikian yang dapat kami sampaikan dan kami bagikan, semoga artikel yang mengulas mengenai Cara Update Versi Sinkronisasi Dapodik ini bermanfaat untuk anda. baca juga artikel kami lainnya atau nantikan artikel yang akan teknojaya.com sajikan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *