Cara Mendapatkan Buku Nikah, Kartu Nikah Elektronik

Diposting pada

Cara Mendapatkan Buku Nikah, Kartu Nikah Elektronik – Menikah merupakan amalan atau perkara baik yang dianjurkan oleh semua agama. Indonesia merupakan negara hukum, dimana untuk urusan pernikahan pun harus dilaksanakan secara resmi dan dicatat oleh Kantor Urusan Agama atau KUA, hal ini sangat penting sebab jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan dikemudian hari maka dapat dengan mudah diproses secara hukum.

Sejauh ini masih sangat banyak ditemukan nikah siri atau nikah dengan tata cara agama Islam, atau bisa dikatakan nikah tanpa dicatat KUA atau nikah tidak resmi walaupun sah menurut agama. Hal ini juga bisa jadi terjadi pada agama lain, sebab nikah tanpa mendaftar ke KUA terkesan tidak ribet dan tidak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran, kendati demikian tentu bisa dikatakan ilegal karena tidak melalui prosedur hukum negara yang berlaku

Dampak buruk dari pernikahan siri atau nikah tidak resmi, tentu akan berakibat fatal dikemudian hari, sebab apabila menikah tidak resmi maka otomatis tidak akan mendapat buku nikah, tanpa buku nikah akan sulit dalam mengurus administrasi seperti pembuatan kartu keluarga, pembuatan kartu BPJS, dan pendaftaran lain yang mengharuskan adanya buku nikah.Jadi saran kami sebaiknya anda harus menikah secara resmi, alau yang sudah terlanjur anda bisa mendaftar ke KAU agar status pernikahan anda resmi dan tercatat oleh negara.

Selain itu anda juga perlu tahu baru-baru ini Kemenag akan mengganti buku nikah menjadi kartu nikah elektronik. Bentuknya akan serupa dengan KTP elektronik. Namun belum dapat diketahui kapan kartu nikah elektronik tersebut bisa didapatkan. Satu hal yang pasti anda harus tahu dulu Cara Mendapatkan Buku Nikah, Kartu Nikah Elektronik, berikut ini caranya :

Inilah Cara Mendapatkan Buku Nikah Atau Kartu Nikah Elektronik

Cara Mendapatkan Buku Nikah, Kartu Nikah Elektronik

Untuk bisa mendapatkan buku nikah atau kartu nikah terbaru ada beberapa tahapan atau syarat-syarat  yang harus anda siapkan. Memang agak sulit namun jika kita usahakan pasti akan sangat mudah untuk bisa melengkapi syarat-syarat tersebut. Lalu apa saja syarat-syarat serta tahapan yang harus kita lakukan agar bisa mendapatkan buku nikah? Berikut ini caranya :

Memiliki Pasangan

Tahap atau sarat pertama dan terpenting agar bisa memiliki buku nikah, pastikan jika anda sudah memiliki pasangan yang secara ikhlas tanpa paksaan siap untuk anda nikahi. Selain itu restu kedua keluarga juga sangat penting untuk menunjang kelancaran dan kesuksesan dalam berumah tangga.

Surat Pengantar Nikah Dari RT/RW Setempat

Jika calon pria dan calon wanita sudah ada dan mendapat restu dari kedua keluarga, langkah berikutnya anda harus mendapatkan surat pengantar yang bisa anda minta dari RT/RW setempat kemudian silakan bawa surat tersebut ke kantor desa atau kelurahan setempat untuk dibuatkan surat pengantar dari desa atau kelurahan

Surat Pengantar Nikah Dari Kantor Desa Atau Kelurahan

Surat pengantar nikah dari RT/RW merupakan surat pengantar untuk kantor desa atau keluaran yang kemudian akan dibuatkan surat pengantar dari kantor desa atau kelurahan dapat disebut juga N1-N4. Hal ini sangat penting agar RT/RW dan kantor desa atau kelurahan mengetahui jika anda akan melangsungkan pernikahan

Mengurus Pendaftaran Nikah Di KUA Kecamatan Setempat

Apabila ketiga langkah sudah anda lakukan, langkah berikutnya atau tahapan selanjutnya silakan anda serahkan berkas tersebut  disertai pas foto, foto copy KTP dan berkas lainnya ke KUA kecamatan setempat. Langkah ini sekaligus sebagai langkah pendaftaran agar pernikahan anda resmi dan tercatat.

Membayar Administrasi Pernikahan sebesar  Rp 600,000

Menyerahkan berkas pendaftaran nikah saja tidak cukup, anda harus melakukan pembayaran administrasi pernikahan sebagaimana sudah di atur dalam undang-undang. Untuk mekanisme pendaftarannya anda bisa melakukan transfer apabila anda sudah menyerahkan berkas ke KAU.

Serahkan Bukti Pembayaran Pernikahan

Jika anda sudah membayar administrasi pernikahan, silakan anda serahkan bukti pembayaran tersebut ke pihak KUA, dengan begitu pihak KUA akan memasukkan nama anda kedalam data pernikahan atau data calon pengantin. Kemudian KUA akan datang kelokasi pernikahan dengan jadwal yang telah ditetapkan dengan membawa buku nikah milik anda. Anda juga bisa melangsungkan pernikahan di kantor KUA maupun ditempat yang sudah anda tentukan.

Baca Juga:

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda, semoga artikel yang membahas mengenai Cara Mendapatkan Buku Nikah, Kartu Nikah Elektronik ini sangat bermanfaat untuk anda. baca juga koleksi artikel teknojaya.com lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *