Cara Install Windows 7 32 Bit Dan 64 Bit, Mudah  Dan Aman!

Cara Install Windows 7 32 Bit Dan 64 Bit – Meskipun kini banyak muncul windows dengan tampilan dan teknologi baru, namun tetap saja windows seven atau windows 7 paling banyak digemari untuk digunakan pada laptop atau pc. Hal tersebut cukup beralasan sebab windows 7 memiliki tampilan yang standar tapi mudah dimengerti khususnya bagi para pemula.

Hal tersebut dapat kita rasakan tanpa ragu, tampilannya yang biasa saja namun kinerjanya juga tidak jauh beda dengan windows yang paling terbaru. Biasanya jika membeli laptop atau pc baru sudah terinstalasi dengan windows terbaru.

Namun banyak orang yang dengan sengaja merubah perangkat windows tersebut dengan melakukan instalasi dengan windows 7 yang tergolong kategori jadul baik 32 bit atau 64 bit. Meskipun tergolong jadul namun soal kinerja sama saja dengan windows terbaru.

Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara install windosws 7? pertanyaan tersebut umumnya ditanyakan baik oleh pengguna windows 7 setia atau para pengguna yang akan melakukan ekspansi ke window 7. Lalu bagaimana cara install windows 7 32 bit dan 64 bit? ikuti cara berikut :

Lihat Juga: 

cara install windows 7 32 bit dan 64 bit

Cara Install Windows 7 32 Bit Dan 64 Bit

1. Lakukan Backup data

Hal ini adalah cara pertama agar data penting yang tersimpan pada pc atau laptop anda baik yang tersimpan pada data C ataupun yang tersimpan pada folder My Document, My Picture, Download, dan berbagai file tidak akan hilang secara permanen.

Maka melakukan backup data sangat penting, anda bisa memindahkan data anda ke hardisk, flashdisk atau perangkat lainnya. Atau anda juga bisa memindahkannya ke data D ataupu E. Awas jangan sampai ada data penting yang tertinggal.

2. Siapkan flashdisk atau CD Yang Berisi File Instalasi

Setelah anda melakukan backup data langkah selanjutnya anda harus menyiapkan flashdisk atau CD yang hanya boleh berisi file mentah windows 7 untuk kemudian dilakukan proses instalasi pada pc atau laptop anda. Perhatikan jangan memasukan file lain pada flashdisk atau CD kecuali file instalasi windows 7.

3. Jalankan instalasi Windows 7

  • Silakan pasang CD atau flasdisk anda bisa gunakan salah satunya.
  • Kemudian silakan
  • Pastikan PC atau laptop yang anda reboot melalui flashdisk atau CD
  • Jika bingung memastikannya silakan masuk ke BIOS sebelum komputer atau pc menyala dengan sempurna.
  • Di bawah logo Microsoft akan anda instruksi tombol apa yang harus anda tekan.
  • Biasanya anda disuruh menekan tombol F2, F10, F12, atau Del, lebih pastinya ikuti petunjuk yang ada.
  • Jika anda sudah masuk menu BIOS, silakan masuk ke menu Boot,
  • Kemudian silakan pilih lokasi install anda apakah menggunakan flasdisk (Removable Dev) atau CD or DVD.

4. Mulai instalasi

Jika anda sudah memilih lokasi install anda selanjutnya instalasi akan segera dimulai, namun sebelumnya anda harus mengisi dengan mencentang beberapa pilihan seperti bahasa, serta persetujuan soal lisensi instalasi Windows 7. Ini wajib anda lakukan jika anda ingin melanjutkannya.

5. Pilih jenis instalasi

Setelah proses booting berjalan, selanjutnya anda akan dihadapkan pada  dua pilihan yaitu antara Upgrade dan Custom. Karena anda akan melakukan install silakan pilih Custom. Sampai sini belum selesai masih ada langkah selanjutnya. Ok mari kita lanjutkan.

6. Format drive tujuan dan install Windows 7

Setelah anda memilih custom silakan pilih drive tujuan yang akan membuat Windows 7 akan terinstall di drive tersebut, serta otomatis memformat isinya. Proses ini akan memakan waktu sekitar 2 jam tergantung kecepatan laptop atau pc anda. Tunggu saja sampai proses instalasi selesai

7. Isi detil akhir dan transfer kembali data Anda

Jika sudah selesai, cara selanjutnya silakan anda berikan nama komputer atau laptop anda. Jika sudah berarti proses instalasi sudah selesai dan windows 7 sudah terpasang, namun jangan kaget kalau tidak terdapat aplikasi pada layar dekstop anda. Silakan anda minta atau download driver sesuai kebutuhan anda.

Lihat Juga:

Jika anda membackup data C anda sebelumnya maka anda tinggal melakukan install pada setiap aplikasi atau driver yang sudah tersedia pada backup tersebut. Selamat kini anda sudah menginstall windows 7.  Semoga cara install windows 7 32 bit dan 64 bit ini bermanfaat untuk anda.

 

Cara Install Windows 7 32 Bit Dan 64 Bit, Mudah  Dan Aman! | TeknoJaya | 4.5